Wednesday 5 November 2014

Struktur dan Kaidah Teks Cerita Ulang

Kali ini, saya akan membahas tentang teks cerita ulang, yukk kita lihat,,

1. Struktur Teks Cerita Ulang
a. Orientasi (Pengenalan)
    Yaitu memberikan informasi tentang siapa, di mana, dan kapan peristiwa atau kegiatan terjadi di         masa lampau.
b. Peristiwa (Events)
    Yaitu rekaman peristiwa yang terjadi, yang biasa disampaikan dalam urutan kronologis, seperti           "pada hari pertama, saya ..., dan pada hari berikutnya, saya ..., dan pada hari terakhir, saya ...".         Di bagian events ini juga biasanya terdapat komentar pribadi tentang peristiwa atau kejadian yang       diceritakan.
c. Reorientasi (Pengulangan Pengenalan)
    Terdapat pengulangan pengenalan yang ada di orientasi, pengulangan yang merangkum rentetan         peristiwa, kejadian atau kegiatan yang diceritakan.

2. Ciri Kebahasaan Teks Cerita Ulang
a. Menggunakan bentuk lampau (peristiwa telah terjadi).
b. Menggunakan konjungsi untuk mengurutkan peristiwa atau kejadian, misalnya dan, tetapi, setelah     itu, dan kemudian.
c. Menggunakan keterangan dan frasa adverbial untuk mengungkapkan tempat, waktu, dan cara.             Misalnya kemarin, di rumah saya, dan pelan-pelan.
d. Menggunakan kata kerja yang menyatakan tindakan, misalnya pergi, tidur, lari, dan membeli.

Mari kita lihat contoh teks cerita ulang.

    Musim panas lalu saya mendapat liburan fantastis. Saya mengunjungi beberapa tempat yang besar.
    Saya pergi ke bandara dan akan terbang ke Cleveland. Saya menghabiskan dua hari di sana. Saya senang melihat beberapa Cleveland Cavaliers pertandingan basket.
    Lalu saya pergi ke Hollywood. Hollywood adalah sebuah distrik yang terkenal di Los Angeles, California, Amerika Serikat. Ini telah menjadi terkenal di dunia sebagai pusat industri film. Empat perusahaan film besar - Paramount, Warner bros, RKO dan Colombia - memiliki studio di Hollywood. Saya tidak ingin pergi, tapi saya harus.
    Setelah itu, saya pergi ke kota New York. Saya mengunjungi Patung Liberty. Saya pergi dari dasar Manhattan ke puncak mahkota. Itu sangat mnakjubkan.
    Tempat itu membuat say seperti di rumh, jadi saya memutuskan untuk pulang. Lain kali saya akan kembali ke tempat ini.

6 comments: